Advertising

PELATIHAN ADMINISTRASI SERVER (Part 1)

Jauh sebelum tiba harinya (tepatnya lupa), saya pernah mendengar informasi dari Ketua bahwa akan diadakan "Pelatihan Web Server". Waktu itu saya hanya mengIYAkan saja, toh pada akhirnya saya tidak terlalu berharap bisa diutus untuk mewakili ICT guna mengikuti kegiatan tersebut. Hingga pada Senin sore yang lalu (23/6) dalam sebuah briefing kecil, diputuskanlah utusan dari ICT sebanyak 2 orang yakni saya dan rekan saya Pa'Amin.
Dalam briefing tersebut, saya sempat menanyakan kepada Ketua, apa-apa saja yang perlu dipersiapkan untuk kegiatan Pelatihan tersebut,? Akan tetapi Ketua kurang menanggapi karena KATANYA telah dipersiapkan oleh pihak provider. Dalam hati saya bisa sedikit tenang karena tinggal berangkat ke tempat Pelatihan. Padahal berdsarkan pengalaman pribadi saya, kegiatan-kegiatan workshop seperti ini BIASANYA pihak penyelenggara (dalam hal ini Forum ICT Center Wilayah III Cirebon dan juga Provider D3 TKJ STMIK IKMI Cirebon sebagai pendukung) tidak akan menyediakan resource kit workshop ataupun bahan-bahan Pelatihan karena keterbatasan yang dimiliki Penyelenggara.
Hingga pada hari yang telah ditentukan, Selasa (24/6) saya beserta Pa'Amin berangkat menuju tempat Pelatihan di Aula STMIK IKMI Cirebon. Sesuai informasi yang didapat dari penyelenggara, bahwa kegiatan akan dimulai pukul 08.00 WIB. Dalam perjalanan, saya beserta Pa'Amin sempat singgah terlebih dahulu di Warung Nasi Padang di depan kantor pos Cirebon (kalau tidak salah namanya TIGA RODA yang sepemikiran saya inikan merek obat nyamuk :) ).
Tiba di tempat sekitar pukul 09.00 WIB. Pagi itu saya serta pa'Amin sempat terkejut sekaligus salut ketika utusan dari ICT Indramayu (Sdr. Wendy) telah dengan siap menantikan dimulainya kegiatan. Lengkap dengan resource kit workshop nya (1 Unit Komputer Personal, 1 Notebook) tertata rapi di meja yang telah disediakan. Disusul kedatangan utusan dari ICT Majalengka, ICT Kuningan yang juga membawa Resource Kit Workshop lengkap, bahkan utusan dari ICT Majalengka juga membawa 1 uni Access Point yang dijadikan Client untuk mengakses Internet yang disediakan Provider lewat teknologi wiFi. Utusan ICT Kota Cirebon belum juga datang karena ada suatu hal. Hingga akhirnya tepat pukul 10.15 WIB kegiatan Pelatihan Administrasi Server ini dimulai, dengan pre-ceremony yang dibawakan oleh Pa'Nana.
Selesai ceremonial, Saya dan Pa'Amin sempat tercengang, melihat hanya meja kami yang TIDAK bertelekan Resource Kit workshop. Ketika Ketua tiba di tempat pelatihan, ketua membawakan kami 1 Unit CPU tanpa monitor dan Keyboard +Mouse. Kami pun berpikir bagaimana bisa berfungsi kalau hanya 1 Unit CPU. Apakah bisa mengikuti kegiatan ini dengan 1 Unit CPU saja?
Akan tetapi kami tidak kehabisan akal, yakni meminjam pelengkap CPU yang dibawakan Ketua tadi, yakni dengan meminjam Monitor dan KeyMouse kepada penyelenggara, akan tetapi penyelenggara juga tidak menyediakan fasilitas untuk itu.
Dan pada akhirnya saya dan Pa'Amin hanya bisa melihat tanpa bisa mempraktikan langsung materi yang disajikan. Disitu saya merasa kecewa karena tidak bisa mengikuti penyaji materi yang menerangkan langkah-langkah menginstalasi Linux Debian v.3.1 Sarge. Dalam benak saya, percuma CD / DVD ini di berikan kalau ternyata tidak bisa kami manfaatkan waktu itu juga.
Pada sore hari nya, ada rekan yang diinstruksikan untuk membawakan kelengkapan resource Kit workshop yang belum sempat terbawa yakni 1 Unit Notebook dan 1 Unit monitor beserta keyboard+Mouse. Juga membawa 1 Unit Switch 16 Port. Waktu itu sudah pukul 15.00 WIB dan Pelatihan telah sampai pada tahap konfigurasi server, sementara kami baru mempersiapkan Resource Kit. Itupun terhambat ketika akan mulai menginstalasi, media instalasi yang disediakan dalam format DVD, sementara yang terpasang pada cpu adalah CDROM drive. Hingga diputuskan kami akan menginstalasinya di sekolah saja.
Saya pun kembali ke sekolah dengan 1 unit CPU dan se onggok rasa DONGKOL.

Related Post

First