Advertising

Bikin FireFox-mu jadi Browser Cuanggih

Lho. ko cuanggih ?  emang selama ini kurang canggih ? ya.. maksudnya biar tambah pas aja gitu sesuai kebutuhan, terus juga supaya gampang, memudahkan n tidak meribetkan. . .hehe...ga perlu banyak ketak ketik alamat (URL) . Ini sebenarnya berawal dari iseng² kutak-katik Firefox. Waktu itu sedang suntuk² mencari ide , dan entah dari mana awalnya terpikir untuk memperbagus Firefox. 
Awal mulanya karena lihat tulisan di bawah Form Search Google Client Firefox ini :


Seketika itu juga saya klik link Pilox yang membentuk angka tiga itu. Setelah itu saya dibawa ke Gudang kumpulan add-ons, Plug-in, theme dan berbagai macam aplikasi pengaya (kalau tidak mau dibilang TAMBALAN) untuk memperkaya mozilla firefox. 

Tidak tanggung-tanggung, terdapat lebih dari 5.000 (limaribu) pengaya tersedia secara cuma-cuma. beberapa di antaranya yang waktu itu saya coba gunakan :

  1. Pertama sekali terpikir saya ingin menghadirkan fasilitas SpeedDial empunya Opera Browser . Ketika itu juga saya ketikkan Speed dials pada form Search Add-ons. Apa yang terjadi selanjutnya ? 
Gunakan saja Add-on dari Firefox.
Ditampilkan daftar hasil pencarian (search Result) sesuai kata kunci yang saya masukkan (speed dial) bisa dilihat rating (banyaknya bintang) untuk pengaya Speed dial ini. Untuk langsung memasangkannya cukup klik tombol Add to Firefox yang artinya setelah klik pada tombol tersebut maka tahap selanjutnya adalah Firefox akan mendowload pengaya tersebut lalu memasangkannya dengan klik Install. Setelah itu Firefox meminta saya untuk melakukan restar terhadap dirinya . Pada tahap ini saya klik Restart Firefox. Sesaat firefox akan menutup diri lalu menjalankan dirinya kembali. Hingga muncul pemberitahuan (notify) mengenai pengaya yang baru saja saya pasangkan dengannya. Setela itu, kita atur agar Speed Dial selalu tampil ketika membuka Firefox . Klik menu Tools - Option . klik pada opsi Main. Lalu pada groupbox startup, ganti pilihan When Firefox starts. Pilihkan speed dial. Terakhir klik OK. Maka setiap kali kita membuka tab baru. Firefox akan menampilkan tab baru dengan SpeedDial. Cara Kerja Speed Dial ini tidak jauh berbeda denga Speed Dial pada Pesawat telepon. Klik kanan pada salah satu nomor Speed Dial untuk memeasukkan alamat web (URL) yang kita jadikan tetapan untuk nomor tersebut. Lakukan Pengaturan terhadap speed dial. apakah menampilkan 3x3 ataua 4x3 dan lain-lain.
Selamat mencoba

Related Post

Previous
Next Post »